Tuesday, August 13, 2024

Tema dan Logo 63 Tahun Gerakan Pramuka (Hari Pramuka 2024)

 Tema dan logo 63 Tahun Gerakan Pramuka atau Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 secara resmi ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Ini menjadi tema dan logo peringatan hari ulang tahun pramuka yang puncaknya akan diperingati pada 14 Agustus 2024.


Khusus logo Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024, pramukaria membagikan logo dalam format gambar PNG beresolusi besar, PNG transparan, hingga logo vektor dalam format Ai, eps, cdr, dan PDF, untuk memudahkan anggota pramuka yang ingin menggunakan ulang logo ini.


Penetapan tema dan logo ini tertuang dalam Keputusan Ketua Kwartir Nasional Nomor 104 tahun 2024 tentang Tema dan Logo 63 Tahun Gerakan Pramuka.


Sebagaimana diketahui, pada 14 Agustus 2023 ini, Gerakan Pramuka akan berusia 63 tahun. Tanggal 14 Agustus 1961 dipilih sebagai Hari Pramuka merujuk pada peristiwa Pelantikan Mapinas (Majlis Pimpinan Nasional), Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara yang kemudian dilanjutkan penganugerahan Panji-panji Kepramukaan dan defile Pramuka. Baca: Sejarah Gerakan Pramuka.


Tema dan Logo Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024


Sebagaimana Pramukaria.id kutip dari SK Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 104 tahun 2024, pada peringatan Hari Pramuka Tahun 2024 ini tema yang diangkat adalah "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI"


Sedang untuk logo Hari Pramuka ke-63, sekilas mirip dengan logo peringatan di tahun terdahulu, yakni Logo Hari Pramuka ke-62. Kemiripannya terutama pada bagian angka 6 yang sama-sama hasil stilasi dari Kelopak Tunas Kelapa. Selain itu juga pada Logotype PRAMUKA yang sama persis.


Penampilan Logo 63 Tahun Gerakan Pramuka adalah sebagai berikut.



Merujuk pada keterangan logo di lampiran SK Kwarnas ini, logo 63 Tahun Gerakan Pramuka terdiri atas unsur yang meliputi:

  • Angka 6 dan angka 3 merupakan angka Ulang Tahun yang ke-63. Angka 6 hasil stilasi dari Kelopak Tunas serta angka 3 yang menopan Logogram Tunas menjadi satu kesatuan yang kokoh.
  • Logotype PRAMUKA
  • Tema "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI"

Secara keseluruhan logo 63 tahun Gerakan Pramuka diharapkan bisa membangun citra positif Gerakan Pramuka serta insan pramuka selalu berjiwa Pancasila dan turut menjaga keutuhan NKRI.


Download Logo Hari Pramuka Tahun 2024


Sebagaimana ditulis di awal artikel, Pramukaria.id menyediakan file logo Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 atau logo 63 Tahun Gerakan Pramuka dalam beberapa format file.


Selain logo dalam format PNG beresolusi tinggi juga terdapat file PNG transparant. Juga tersedia file vektor yang meliputi PDF, CDR, EPS, dan AI.


Ini untuk memberi keleluasaan bagi para pramuka yang ingin menggunakan ulang logo tersebut dalam berbagai desain dan aplikasi pengolah gambar.


Untuk mengunduh file logo Hari Pramuka tahun 2024, sila klik tombol download di bawah.


0 comments:

Post a Comment